Rabu, 18 April 2012

Lubuk Tarok Dan Godok Obuih Nyo



Lubuk Tarok Dan Godok Obuih Nyo

Mendengar nama Lubuk tarok mungkin asing di telinga kita,apa lagi godok obuih mungkin belom  pernah kita dengar sedikitpun ,hanya ada sebagian orang yang sudah kenal ,itu pun bisa di hitung dengan jari. Seperti saya orang asli Lubuk tarok dan masyarakat kabupaten Sijunjung. .Apabila kita berangkat dari padang menuju kabupaten Dhamasraya ,Kabupaten sijunjung berada tepat sebelumnya dan sesudah kabupaten solok.


Dimana Lubuk tarok?

Lubuk tarok merupakan sebuah kecamatan yang terletak di pinggiran Lintas Sumatra di kabuupaten sijunjung. Sebuah daerah yang memiliki pegunungan yang luas,perkebunan yang asri  dan tanaman karet yang membentang di sisi-sisi jalan  yang menjadi salah satu mata pencaharian masyarakatnya.

Lalu bagaimana dengan godok Obuih??

Rendang,dendeng,kerupuk balado,karupuak sanjai,kue apam DLL mungkin kita semua sudah pernah mendengar,melihat dan menegtahuinya.berbeda dengan godok obuih yang belum pernah mengudara di hadapan kita semua

.Godok obuih merupakan makanan Khas minang kabau yang berasal dari kecamatan lubuk tarok yang tidak ada di nagari-nagari lain di Sumatra barat.kenapa?

Godok obuih biasanya hadir atau di buat ketika ada orang yang mau menikah dan kawinan saja,ketika hari-hari biasa godok obuih tidak pernah di buat oleh masyarakat lubuk tarok.Godok obuih  menjadi makanan special ketika upacara adat pernikahan di mulai dan setiap orang yang hadir akan dapat marasakan dan mencicipinya.

Godok obuih terbuat dari tepung beras yang di aduk dengan pisang batu, kemudian dibikin bulat-bulat. Setelah itu siap dicampur dengan santan yang sudah mendidih dalam kuali . biasanya godok obuih di buat dalam porsi banyak.,dan memakai kuali besar seperti kuali untuk memasak kalamai bagi orang minang kabau atau dodol bagi orang luar minang kabau.

Biasanya godok obuih di hidangkan di dalam sebuah piring dengan di damping batangan lidi yang menjadi pengganti sendok untuk memakannya,ini juga yang membuat godok obuih istimewa di mata masyarakat Lubuk tarok.tidak hanya rasa yang membuat godok obuih yang berkesan tetapi cara memakannya pun membuat kita terasa memiliki nuansa yang beda dri biasanya.

Itu lah godok obuih yang tidak pernah di jual seperti makanan-makanan khas lainnya.cukup menjadi makanan khas Minang Kabau yang hadir ketika waktunya dan apabila sekali mencoba akan selalu teringat akan godok obuih.

1 komentar:

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More